Pengertian dan Fungsi CPU atau Processor Komputer

Pengertian dan Fungsi CPU atau Processor Komputer _ Processor/CPU adalah salah satu dari perangkat Keras Komputer yang berfungsi sebagai pusat pengendali utama otak dari komputer. Tanpa CPU (Central Processing Unit), komputer tidak akan jalan Processor ini bekerja sebagai alat penghitung dan melakukan oprasi logika. Satuan kecepatan dari processor adalah MHz,dan semakin besar nilai kecepatan dari processor maka kerja komputer juga semakin cepat. Secara konseptual processor memiliki 3 komponen utama yaitu ALU, CU dan MU.



Letak dari Prosesor ini terletak di motherboard, jika mau memasang processor harus disesuikan dengan jenis soketnya contoh untuk proscessor intel ada soket LGA maka cari motherboard dengan soket LGA juga dan proscessor AMD ada AM3+ maka harus disesuikan Juga. Mungkin sebagian dari anda sudah terbiasa dengan istilah CPU dan telah mengetaui dengan jelas pengertian dan fungsi CPU tersebut, namun bagi Anda yang belum mengetahui, ada baiknya mempelajari hal tersebut, berikut ini penjelasannya.

Bagian-bagain Terpenting CPU / Processor :


  • ALU (Aritcmatics Logical Unit) Melakukan semua perhitungan artitmatika (matematika) yang terjadi sesui dengan intrujsi program 
  • CU (Aritcmatics Logical Unit) Adalah bagian yang bertugas untuk mengatur lalu lintas data seperti menagambil intruksi memori utama, mengatur dan mengendalikan peralatan input dan output, mengirim perintah ke ALU, menyimpan hasil proses dan lain-lain.
  • MU (Memory Unit) Alat penyimpanan kecil yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi, berfugsi untuk menyimpan sementara fungsi-fungsi yang dieksekusi ataupun yang sedang diproses. 
Fungsi CPU 

Umumnya CPU/Processor berfungsi untuk memproses data yang diterima dari masukan atau di input, kemudian akan menghasilkan pengeluaran berupa output. Processor dikontrol menggunakan sekumpulan instruksi perangkat lunak komputer. Perangkat lunak tersebut dapat dijalankan oleh CPU dengan membacanya dari media penyimpan, seperti cakram keras, disket, cakram padat, maupun pita perekam. Instruksi tersebut kemudian disimpan terlebih dahulu pada memori fisik (RAM), yang mana setiap instruksi akan diberi alamat unik yang disebut alamat memori. selanjutnya, CPU dapat mengakses data-data pada RAM dengan menentukan alamat data yang dikehendaki. 

saat ini kecepatan processor yang paling tinggi ada di kecepatan 4 Gigahertz (GHZ) artinya dapat membaca 4000 miliar perintah dalam sekali pengerjaanya, merupakan angka fantastis dalam perkembangan tekhnologi didunia. Bagi para gamer, pasti sudah familiar dengan istilah, "greater processor, greater gaming experience", karena sebuah game pasti sangat berpengaruh dengan kapasitas prosesor sebuah komputer.

Sekarang ini perkembangan processor sudah sangat pesat, mulai dari celeron, dual core, core 2 duo, core i2 sampai core i7, ada juga Xeon untuk komputer server dan intel atom untuk notebook. 

Itu saja yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat terima kasih atas kunjungannya.


0 Response to "Pengertian dan Fungsi CPU atau Processor Komputer "

Post a Comment