Pengertian & Fungsi Uotput Device (unit keluaran)

Pengertian & Fungsi Uotput Device (unit keluaran) 



Uotput Device adalah unit yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemprosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari komputer atau CPU kita kedalam suatu media yang dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf,angka,simbol khusus), image (dalam bentuk gambar), suara, dan bentuk lainnya yang dapat dibaca oleh mesin (machine readable form).Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.

Jenis - jenis Peralatan Output :

  • Hard-Copy Device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media kertas seperti kertas atau film.
  • Soft- Copy Device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
  • Drive Device atau Driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat outpu dan juga sebagai alat input

Contoh contoh Outpu Device :

A. Monitor

Monitor berfungsi untuk menampilkan gambar gambar di tampilkan di layar monitor yang bisa dilihat, yang dihasilkan oleh komputer. Gambar yang dihasilkan dari monitor CRT biasanya terbuat dari 10% titik-titik kecil yang berpendar sesuai perintah dari komputer. Semakin dekat jarak pikselnya (resolusi) akan semakin tajam gambar yang diperoleh. Jarak antar piksel disebut dot pitch dengan satuan milimeter.kebanyakan monitor CRT memiliki dot pitch sebesar 0,28 mm atau kurang. Disamping itu, monitor juga berfungsi untuk melihat apaka data ataupun program yang akan dimasukkan kedalam komputer sudah dalam keadaan benar atu belum.

B. Printer

Printer adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapah bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas dari tray. Tray inilah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis pada kertas. Perbedaan toner dan tinta ialah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau inkjet tak butuh pemanasan, hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut.
Ada juga kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat.

C. Speaker 

Yang ketiga adalah Speaker, adalah unit keluaran yang menghasilkan suara. pasang aplikasi pemutar lagu (misalnya Winamp), kemudian dengarkan suara yang keluar dari speaker komputer anda.

D. Plotter

Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka berbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada, berbagai gamabar akan dicetak dengan ukuran ekstra dan dengan kualitas tinggi.


Trima kasih semoga bermanfaat sobat,,,,,!!!

0 Response to "Pengertian & Fungsi Uotput Device (unit keluaran) "

Post a Comment