Fungsi dan Macam macam RAM Komputer Terlengkap

Fungsi dan Macam macam RAM Komputer Terlengkap - RAM (Random Acces Memory) adalah sebuah perangkat keras komputer yang berfungsi menyimpan data dan intstruksi prongram yang akan dan sudah dieksekusi oleh prosesor. RAM memiliki sifat sementara dalam menyimpan data artinya setelah komputer dimatikan, RAM akan secara otomatis dikosongkan dan ketika komputer dinyalakan kembali RAM diisi data baru yang diperlukan. Berbeda dengan tape magnetik atau disk yang mengakses data secara berurutan yang sifatnya permanen. 

RAM bisa dibilang sebagai memori utama (main memory), memori primer (primery memory), memori internal (internal memory), penyimpanan utama (primery storage), atau hanya disebut memori, tetapi masi ada beberapa jenis memory yang terpasang pada komputer. RAM merupakan salah satu jenis memori internal yang mendukung kecepatan prosesor dalam mengolah data dan instruksi. Dengan menggunakan tambahan RAM ke dalam komputer dapat menghasilkan pengaruh positif pada kinerja dan kecepatan komputer, jika kapasitas RAM tidak sebanding dengan banyaknya prongram yamg di jalankan maka komputer akan mengalami lag atau lemot, lokasi RAM berdekatan dengan processor agar data diantara RAM dan processor dapat diantar dengan cepat. seiring perkembangan perangkat keras komputer maka setiap komponen yang terkandung dalam golongan perangkat keras akan terus di kembangkan dan ada versi terbaru.

Fungsi & Jenis - jenis RAM 

1. DRAM (Dynamic Random Acces Memory)

DRAM


DRAM merupakan memori semikonduktor yang membutuhkan kapasitor sebagai tumpuan untuk me-refresh data yang ada di dalamnya. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi di banding EDO-RAM (Extended Data Out Random Access Memory). Namun lebih rendah dibandingkan SRAM (Static Random Access Memory) dalam susunannya DRAM hanya memerlukan satu transistor dan kapasitor / bit, sehingga memiliki kepadatan tinggi DRAM mempunyai frekuensi yang bervariasi yaitu antara 4,77 MHz hingga 40 MHz. 

2. SRAM 

SRAM

SRAM (Statik Random Access Memori), adalah jenis RAM memori semikonduktor yang tidak menggunakan kapasitor. Hal ini mengakibatkan SRAM tidak perlu lagi disegarkan secara berkala seperti halnya dengan DRAM. ini juga sekaligus membuatnya memiliki kecepatan lebih tinggi dari DRAM, berdasarkan fungsinya terbagi menjadi dua yaitu Asynchronous dan Synchronous. SRAM ini memiliki kelemahan yaitu biaya produksinya lumayan mahal hanya tersedia dalam kapasitas kecil dan menangani bagian yang penting saja.

3. EDORAM 

EDORAM (Extended Data Out Random Accses Memory) adalah jenis RAM yang dapat menyimpan dan mengambil isi memori secara bersamaan, sehingga kecepatan  baca tulisnya pun menjadi lebih cepat umumnya digunakan pada PC terdahulu sebagai pengganti Fast Page Memory (FPM) RAM.

4. FPM DRAM


FPM (First Page Mode DRAM) merupakan bentuk asli dari DRAM. Laju transfer maksimum untuk cache L2 mendekati 176 MB per sekon. FPM bekerja pada rentang frekuensi 16MHZ hingga 66 MHZ dengan access time sekitar 50 ns.

5. VGRAM


VGRAM (Video Graphic Random Acces Memory) adalah jenis RAM yang dibuat khusus untuk vidio adapter. Kapasitas VGRAM sangat menentukan kualitas gambar yang dihasilkan oleh vidio adapter tersebut, dan biasanya digunakan untuk menyimpan kandungan pixel bagi sebuah paparan grafik. Penggunaan cip VGRAM akan memberikan prestasi vidio yang baik dan mengurangi tekanan pada CPU.

6. SO DIMM

Small Outline Dual In-Line Memory Module, merupakan jenis memory yang digunakan pada perangkat netebook. Bentuk fisiknya kira-kira setengah dari besar DDR biasa sehingga dapat menghemat ruang yang tentunya sangat berharga pada perangkat mobile seperti notebook. Perkembangan generasi SO DIMM biasanya sejarah dengan perkembangan RAM untuk komputer desktop. Ketika DDR3 SDRAM diluncurkan dipasaran, DDR3 SO DIMM juga ikut diluncurkan. Modul tersebut menggunakan slot yang memiliki 204 pin.

7. RDRAM 


RDRAM (Rambus Dynamic Random Access Memory) Jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer dengan prosesor Pentium4. Slot memori untuk RD RAM adalah 184 pin. Memiliki kecepatan hingga 800 MHZ.

8.NV RAM 

NV RAM (Non Volatille Random Access Memory) merupakan jenis RAM yang menggunakan baterai Litium di dalamnya sehingga data yang tersimpan tidak akan hilang meskipun catu daya dimatikan.

9. Flash RAM 



adalah jenis memori berkapasitas rendah yang biasa digunakan pada perangkat elektronika seperti, TV, VCR, radio mobil, dan lainnya. Memerlukan refresh dengan daya yang sangat kecil.

10. DDR SDRAM

DDR SDRAM (Double Data Rate Synchronous Dynamika Random Acces Memory), Ram jenis ini memiliki kecepatan sangat tinggi, pertama kali digunakan untuk komputer dengan prosessor Pentium 4. Slot memori untuk RD RAM adalah Rate inline Memory Modul (RIMM) memiliki kecepatan hingga 800 MHz.

Ada Beberapah hal yang harus diperhatikan saat memasang RAM :

  • Pastikan antara RAM dengan slot yang ada pada motherboard sesui.
  • Hati-hati saat memasang RAM pada slot RAM, apalagi jenis SDRAM karena jika terjadi kesalahan atau terbalik pada saat pemasangan RAM bisa patah.
  • Jangan lupa buka pengunci RAM sebelum memasang RAM pada slot RAM.
  • Setelah RAM terpasang jangan lupa kunci RAM dengan pengunci RAM.
Semoga Dapat Bermanfaat Bagi Para Pembaca Sekalian,,,,!!!!!




0 Response to "Fungsi dan Macam macam RAM Komputer Terlengkap"

Post a Comment