Pengertian Jaringan Komputer dan Definisinya Terlengkap

  Sekarang kita membahas tentang pengertian jaringan Komputer dan definisinya yu kita langsung saja bahas apa si itu jaringan internet, yang mengingat hampir setiap hari kita melibatkan jaringan internet dalam aktifitas kita terutama dalam hal pekerjaan. Pengertian Jaringan internet adalah sekumpulan komputer yang dapat saling berhubungan antara satu dengan yang lainya untuk mencapai tujuan yang sama dengan mengunakan media komunikasi. Tujuan dari jaringan internet yaitu untuk memudahkan pengguna komputer untuk berbagi sumber daya yang terdapat di jaringan seperti printer dan data.


Pada awalnya jaringan Internet hanya bertujuan untuk mengetahui strategi musuh antar negara atau sebagai penyebar informasi secara khusus namun semakin berkembangnya teknologi jaringan internet sudah mengalami berbagai haluan cara dan tujuan contohnya dalam pembuatan robot pengendalian system atau jalur pesawat dan berbagai macam lainya. Pengertian jaringan internet saat ini bisa disimpulkan bahwa sesuatu system yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat dengan melalui perangkat-perangkat tertentu serta bertujuan untuk meningkatkan perkembangan tekhnologi dunia tanpa batas.

Jenis Jenis Jaringa Internet

I. Jaringan Berdasarkan Hubungan Fungsional 

1. Jaringan Peer-to-peer

Jaringan Peer to peer adalah sebuah jaringan komputer dimana setiap komputer disusun dan dihubungkan satu sama lain tanpa adanya kontrol terpusat yang berperan sebagai server murni. Setiap komputer yang ada dalam jaringan peer to peer menawarkan layanan yang sama sehingga server bisa sebagai client atau client juga bisa sebagai server. Jaringan Peer to peer cocok digunakan untuk jaringan dengan kapasitas kecil. ada beberapah kelebihan dan kekurangan dari jaringan Peer to peer diantaranya :

A. Kelebihan

  • Biaya oprasional untuk membangun jaringan ini lebih murah dibandingkan dengan jaringan komputer yang lain, karena tidak memerlukan server dengan spesifikasi yang tinggi untuk melayani semua client.
  • Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi pakai fasilitas yang dimiliki oleh semua komputer
  • kelangsungan dari kinerja tidak tergantung hanya pada komputer server karena semua komputer yang ada dalam jaringan peer to peer bisa bertindak sebagai server, sehingga jika salah satu komputer mengalami kerusakan maka komputer lain tidak akan berpengaruh dan tidak mengalami gangguan.
B. Kelemahan
  • Back up harus dilakukan di masing-masing komputer karena keamanan jaringan yang berada di setiap user.
  • Sistem keamanan jaringan yang kurang aman, karena keamanan dalam jaringan peer to peer ditentukan oleh setiap user masing-masing komputer.
  • kemampuan kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client server karena setiap komputer bisa bekerja sebagai client maupun bekerja sebagai server.
  • Identifikasi permasalahan atau troubleshooting jaringan lebih sulit, karena pada jaringan ini semua komputer terlibat dalam sistem komunikasi jaringan.
2. Jaringan Client Server 

Client Server adalah salah satu bentuk arsitektur, dimana client adalah perangkat yang menerima yang akan menampilkan dan menjalanka aplikasi (software komputer) dan server adalah perangkat yang menyediakan dan bertindak sebagai pengelolah aplikasi data, dan keamanannya.

 Kelebiha Client Server
  • Lebih aman 
  • semua data dapat dibackup pada satu lokasi sentral
  • kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation
Kekurangan Client Server 
  • Pelaksanannya mahal 
  • Membutuhkan administrator yang handal 
  • Jika server mati maka kmputer clent akan mati juga
II. Jaringan Berdasarkan Area

1. Local Area Network (LAN)
Jaringan Lan merupakan jaringan komputer yang ruang lingkup yang terbatas, Tipe jaringan ini banyak dipakai pada kedung perkantoran, warnet, Lab komputer sekolah, rental komputer dll.

2. Metropolitan Area Network (MAN)
Jaringan Man merupakan jaringan komputer dengan ruang lingkub yang cukup jau. Tipe ini digunakan untuk membangun jaringan komputer antar gedung, dalam satu kota, atau antar kota yang berada pada jangkauannya, jaringan ini biasanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti perbankan, BUMN, dll.

3. Wide Area Network (WAN)
Jaringan ini merupakan jaringan yang terbesar kareana mencakup radius antar negara bahkan benua tanpa batasan geografis seperti jaringan lain. Dalam beberapah hal, WAN dapat dikatakan Internet. 

III. Jaringan Berdasarkan Metode Koneksinya 

1. Jaringan Berkabel 
Jaringan yang menggunakan kabel untuk menghubungkan anggota-anggota jaringan berkabel

2. Jaringan Nirkabel 
Jaringan yang menggunakan gelombang radio untuk koneksi antar anggota jaringan 

Topologi Jaringan Komputer

Topologi Jaringan komputer sendiri merupakan suatu bentuk / struktur jaringan yang menghubungkan antar komputer satu dengan yang lain dengan menggunakan media kabel maupun nirkabel.
  • Topology Bus 
  • Topology Star (Topologi Bintang)
  • Topology Ring (Topologi Cincin)
  • Topology Tree (Topologi Pohon)
Perangkat Jaringan Komputer

- Modem
- Hub 
- Repeater
- Router
- Network Interface Card (NIC)
- Bridge
- Kabel dan Konektor





0 Response to "Pengertian Jaringan Komputer dan Definisinya Terlengkap "

Post a Comment